• Melayani Dengan Setulus Hati

Profil

PROFIL PUSKESMAS

UPTD PUSKESMAS PADAMARA

PEMERINTAH KABUPATEN PURBALINGGA

DINAS  KESEHATAN

UPTD PUSKESMAS PADAMARA

TAHUN 2019

DAFTAR ISI

Halaman Judul ……………………………………………………………………………………………… 1

Daftar Isi ………………………………………………………………………………………………………… 2

Kata Pengantar ……………………………………………………………………………………………… 3

BAB I PENDAHULUAN   …………………………………………………………………………… 4

A. Latar Belakang ………………………………………………………………………………………… 4

B. Tujuan ……………………………………………………………………………………………………… 6

BAB II GAMBARAN UMUM PUSKESMAS PADAMARA…………………………… 7

  1. Keadaan Geografi  ……………………………………………………………………………… 7
  2. Keadaan Demografi  ………………………………………………………………………… 8
  3. Sumber Daya……………………………………………………………………………………… 11

A.Keadaan Sarana Prasarana……………………………………………………………………… 11

B.Sarana Transportasi………………………………………………………………………………… 14

C.Keadaan Sumber Daya…………………………………………………………………………… 17

D.Data Pegawai dan Pangkat Terakhir……………………………………………………… 18

BAB III    MANAJEMEN MUTU DAN PELAYANAN KESEHATAN DASAR  … 21

A. Visi Puskesmas Padamara  ………………………………………………………………… 21

B. Misi Puskesmas Padamara…………………………………………………………………… 21

C. Struktur Organisasi ……………………………………………………………………………… 21

D.Motto dan Tata Nilai …………………………………………………………………………… 25

E. Kebijakan Mutu …………………………………………………………………………………… 25

F.Proses Pelayanan ( Proses Bisnis ) ……………………………………………………… 25

G. Kegiatan Manajemen Puskesmas ……………………………………………………… 26

H. Penilaian dan Hasil Penilaian Mutu Pelayanan Kesehatan Dasar…… 27

BAB IV PENUTUP…………………………………………………………………………………… 37

KATA  PENGANTAR

Puji syukur kami Panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan semesta alam, karena atas limpahan rahmat-Nya Buku Profil Puskesmas Padamara Tahun 2019 telah dapat disusun. Buku Profil Puskesmas berisi data / informasi yang menggambarkan situasi dan kondisi wilayah Puskesmas Padamara.

Profil Puskesmas Padamara juga dapat digunakan sebagai dasar  penyusunan perencanaan pembangunan kesehatan kedepan, sehingga  dalam mengalokasikan anggaran / kegiatan akan akurat dan tepat sasaran.

Data yang digunakan dalam proses penyusunan buku Profil Puskesmas ini bersumber dari berbagai dinas / instansi seperti: BPS, Profil Kesehatan Desa di wilayah padamara, para pemegang program di Puskesmas Padamara, Bendahara Puskesmas Padamara dan lainnya.

Selanjutnya kami mengharapkan saran dan kritik yang sifatnya membangun serta partisipasi dari semua pihak khususnya dalam upaya mendapatkan data / informasi yang akurat, tepat waktu dan sesuai dengan kebutuhan.

Akhirnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyusunan Profil Pukesmas Padamara Tahun 2019  kami ucapkan  terimakasih.

Purbalingga, 2 September 2019

Kepala Puskesmas Padamara

Achirul Soebagjo, S.Kep.,Ns.

NIP.19710915 199403 1 006

BAB I

PENDAHULUAN

1. LATAR BELAKANG

Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang  Kesehatan menyebutkan bahwa pembangunan  sebagai salah satu upaya pembangunan Nasional diarahkan guna tercapainya  kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk hidup sehat bagi setiap penduduk agar dapat mewujudkan derajat  yang optimal. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan banyak faktor pendukung, diantaranya adalah tersediaanya data yang valid. Adanya data yang valid  dapat dipergunakan oleh pengambil keputusan dalam menetapkan suatu kebijakan. 

Data dan informasi  yang berkualitas merupakan sumber daya yang sangat penting dan diperlukan keberadaannya dalam menentukan arah kebijakan dan strategi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan bidang  kesehatan. Penyediaan data dan informasi yang lengkap dan akurat merupakan tanggungjawab bersama atau lintas program di semua jenjang administrasi , fasilitas  dan lintas sektor terkait.

Pada era keterbukaan informasi serta didukung dengan kemajuan teknologi komunikasi,  kebutuhan data dan informasi  dari hari ke hari semakin meningkat. Masyarakat semakin peduli dengan situasi  dan hasil pembangunan  yang telah dilakukan oleh pemerintah terutama terhadap masalah-masalah  yang berhubungan langsung dengan  mereka, sebab  menyangkut hajat hidup masyarakat luas. Kepedulian masyarakat akan informasi  ini memberikan nilai positif bagi pembangunan  itu sendiri. Untuk itu pengelola program harus bisa menyediakan dan memberikan data serta informasi yang dibutuhkan masyarakat yang dikemas secara baik, sederhana, dan informatif.

                Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah yang mengatur pembagian kewenangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah mengandung konsekuensi bahwa masing-masing daerah harus memiliki Sistem Informasi  sendiri, termasuk dukungan sistem informasinya. Profil  adalah salah satu produk dari Sistem Informasi . Dasar hukum penyelengaraan sistem informasi  antara lain :

  1. Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional;
  2. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik;
  3. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah;
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 65 Tahun 2006 tentang Kewenangan Wajib Standar Pelayanan Minimal Bidang;
  5. Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2014 tentang Sistem Informasi ;
  6. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat;
  7. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 92 Tahun 2014 tentang Penyelengaraan Komunikasi Data Dalam Penyelengaraan Sistem Informasi  Terintegrasi;
  8. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang  di Puskesmas/Kota.

          Profil Puskesmas Padamara merupakan buku laporan statistik  Puskesmas Padamara yang  menggambarkan situasi dan kondisi  masyarakat di Puskesmas Padamara. Disamping itu juga berisi data dan informasi yang menggambarkan derajat , sumber daya , upaya  serta pencapaian indikator pembangunan  yang mencakup Indikator Indonesia Sehat dan indikator kinerja Standar Pelayanan Minimal bidang Kesehatan . Selain  itu Profil  Puskesmas Padamara dapat digunakan  sebagai alat untuk mengevaluasi hasil pembangunan   dari tahun ke tahun dan sekaligus sebagai bahan evaluasi dalam upaya pencapaian Visi dan Misi pembangunan  di Puskesmas Padamara yang baik adalah pembangunan yang berbasis data sehingga keputusan yang diambil bertujuan untuk mengatasi masalah yang ada sesuai data yang ditemukan.

             Data dan informasi bidang  diperoleh melalui penyelenggaraan sistem informasi , baik dari fasilitas , unit-unit  lainnya, sektor terkait maupun dari hasil berbagai survei. Sistem Informasi  diharapkan dapat menghasilkan data dan informasi  yang dapat dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan di Puskesmas/kota, propinsi dan pusat

   Dengan telah disusunnya Profil  Puskesmas Padamara  ini, maka profil ini dapat dijadikan acuan data dan informasi resmi. Karena  dalam penyusunannya telah melibatkan berbagai pihak.

B. TUJUAN

Secara keseluruhan tujuan dari penyusunan Profil adalah:

  1. Diperolehnya data tentang kondisi umum wilayah Kecamatan Padamara, demografi, lingkungan, perilaku masyarakat, serta sosial ekonomi.
  2. Diperolehnya data dan gambaran tentang situasi wilayah dan hasil penilaian kinerja Puskesmas Padamara.
  3. Dapat dilakukan pengambilan keputusan dan kebijakan bidang  berdasar data dan fakta (evidence based decision making).

BAB II

GAMBARAN UMUM

A. Keadaan Geografis

Wilayah Kerja Puskesmas Padamara termasuk wilayah Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga pada posisi: 101 35o – 109 35o bujur timur dan 7 10º – 7 11o lintang selatan.

Puskesmas Padamara memiliki ketinggian 35 meter sampai dengan 1.124 meter di atas permukaan air laut (DPAL), sedangkan keadaan iklimnya tidak terlalu berbeda dengan rata-rata keadaan iklim di Jawa Tengah. Rata-rata curah hujannya 4,837 mm per bulan atau 3,569 mm per tahun.

Batas-batas administratif Puskesmas Padamara adalah sebagai berikut:

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Wilayah Kecamatan Kutasari.
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Wilayah Kecamatan Purbalingga.
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Wilayah Kabupaten Banyumas.
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Wilayah Kecamatan Kalimanah dan wilayah kerja Puskesmas Kalimanah.

Peta 1  Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Padamara

Luas wilayah kerja Puskesmas Padamara adalah 17,46 Km2 dan terdiri atas 13 desa dan 1 kelurahan

B. Keadaan Demografi

1.   Pertumbuhan dan Kepadatan Penduduk.

             Berdasarkan data dari Profil Desa, jumlah penduduk di Puskesmas Padamara tahun 2018 adalah 45.712 jiwa. Jumlah penduduk tertinggi adalah di wilayah Desa Bojanegara sebanyak 6.443 jiwa(14,09% dari total penduduk) dan terendah di wilayah Desa Karangpule sebanyak 1.480 jiwa (3,23 %).

Kepadatan penduduk Puskesmas Padamara sebesar 26 orang per kilometer persegi, dengan kepadatan penduduk tertinggi di Desa Bojanegara 56 orang per  kilometer persegi dan kepadatan penduduk  terendah di Desa Karangpule sebesar 15 orang per  kilometer persegi.

Adapun jumlah rumah tangga di Puskesmas Padamara periode tahun 2018 adalah 13.610  dengan rata-rata anggota per rumah tangga 3,36 jiwa.

2. Jumlah Penduduk Menurut Jenis Kelamin dan Kelompok Umur

Perkembangan penduduk menurut jenis kelamin dapat dilihat dari perkembangan ratio jenis kelamin, yaitu perbandingan penduduk laki-laki dan perempuan. Berdasarkan data yang dari Profil Desa, jumlah penduduk  laki-laki relatif  seimbang bila dibandingkan dengan penduduk perempuan yaitu masing-masing sebesar 23.084 jiwa (50,49%) penduduk laki-laki dan 22.628 (49,5 %) penduduk perempuan, sehingga ratio jenis kelamin penduduk Puskesmas Padamara tahun 2018 adalah 102,02. Hal ini menggambarkan bahwa jumlah penduduk laki laki sedikit lebih besar dibandingkan jumlah penduduk perempuan. Data rinci jumlah penduduk menurut jenis kelamin  dan kelompok umur serta proporsi penduduk Laki-laki dan Perempuan dapat dilihat pada tabel dan gambar  berikut.

3. Struktur penduduk menurut golongan umur.

Berdasarkan tabel  2.1, struktur  komposisi penduduk Padamara dirinci menurut golongan umur dan jenis kelamin menunjukkan bahwa penduduk laki-laki maupun penduduk perempuan proporsi terbesar berada pada kelompok umur 35-40 tahun.  

Adapun perbandingan komposisi proporsional penduduk Puskesmas Padamara menurut usia produktif pada tahun 2018 sebagai berikut :

This image has an empty alt attribute; its file name is image-7.png

Gambar 2.2  : Kelompok Usia Produktif Puskesmas Padamara Tahun 2018

Dari gambar tersebut di atas dapat dilihat bahwa Angka Beban Tanggungan (dependency ratio) penduduk Puskesmas Padamara tahun 2018 sebesar  45 yang artinya setiap 100 penduduk usia produktif menanggung sekitar 45 orang penduduk usia tidak produktif.

4. Tingkat pendidikan penduduk umur 10 tahun ke atas.

Proporsi tingkat pendidikan penduduk umur 10 tahun ke atas  sebagai berikut : persentase penduduk yang tidak/belum memiliki ijazah sekolah dasar sebesar 8,58%, persentase penduduk yang menamatkan pendidikan SD/MI sebesar 29,47%, persentase penduduk yang menamatkan pendidikan SMP/MTS sebesar 20,44%, persentase penduduk yang menamatkan pendidikan SMA/SMK/MA sebesar 10,55%, persentase penduduk yang menamatkan pendidikan Akademi/Diploma sebesar 1,57%, persentase penduduk yang menamatkan pendidikan  Sarjana hingga Doktor sebesar 2.54%.

C. SUMBER DAYA

1. Keadaan Sarana Prasarana

a. UPTD Puskesmas Padamara memiliki fasilitas fisik berupa bangunan permanen (Terdiri dari Gedung Rawat Jalan dan Gedung Rawat Inap)

b.Loket Pendaftaran dan Kasir

c. Ruang Rekam Medik

d. Poli Umum

e. Poli KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) dan Poli KB (Keluarga Berencana)

f. Poli MTBS

g. Ruang Imunisasi

h. Poli Gigi

i. Klinik Sanitasi

j. Laboratorium

k. Apotek dan Gudang Obat

l. Ruang UGD

m. Ruang Kepala Puskesmas

n. Ruang PROMKES

o. Ruang Admen

p. Ruang UKM

x. Ruang UKP

r. Ruang Sterilisasi

s. Ruang Pojok ASI

t. Ruang TB

u. Ruang Arsip

v. Ruang Tunggu dan Ruang Tamu

x. Gudang

y. Dapur

x. Ruang Cuci Linen

2. Sarana Transportasi

   Sarana transportasi yang dimiliki UPTD Puskesmas Padamara terdiri dari 2 unit kendaraan roda empat (Pusling) dan 2 unit kendaraan roda dua.

Sebagai dukungan terhadap pemerataan akses pelayanan kesehatan masyarakat baik puskesmas non rawat inap maupun puskesmas rawat inap dibantu oleh adanya puskesmas pembantu yang berjumlah 3 unit dan Polindes  sebanyak 12 unit.

3. Keadaan Sumber Daya      

     Sumber daya manusia di UPTD Puskesmas Padamara terdiri atas:

Tabel 3 Ketenagaan

KualifikasiJumlah Tenaga
Kepala puskemas1
Kepala Sub Bag TU1
Dokter3
Dokter gigi1
Perawat15
Asisten Tenaga Kesehatan5
Bidan8
Bidan Desa14
Asisten Apoteker2
Tenaga Gizi1
Tenaga Kesling2
Tenaga Kesmas2
  Ahli Teknologi Lab.Medik2
Tenaga Administrasi7
Pekarya2
Cleaning Service 3
Penjaga Malam1
Sopir3
Jumlah72

4. Data Pegawai dan Pangkat Terakhir

Tabel 4 Data Pegawai dan Pangkat Terakhir UPTD Puskesmas Padamara

NON A M ANIP/NRPTTPANGKAT/ GOL. RUANGPEND.JABATAN
1ACHIRUL SOEBAGJO, S.Kep.,Ns.19710915 199403 1 006Penata  Tk.1 – III/dS1 KEPERAWATAN+NersKepala Puskesmas
2FEBBY EKA DAMAYANTI,A.Md.Keb.19830204 200701 2 004Penata Muda TK I- III/bD3 KEBIDANANKa Sub Bag Tata Usaha
3SISWANTI, A,Md.Kep.19671121 198703 2 001Penata Tk I – III/dD3 KEPERAWATANPerawat Penyelia
4SUDARTI, A.MK.19650512 198803 2 014Penata Tk I – III/dD3 KEPERAWATANPerawat Penyelia
5JAENAL ABIDIN,  S.Kep.,Ns.19660511 198711 1 001Penata Tk I – III/dS1 KEPERAWATAN+NersPerawat Penyelia
6PATMIATUN, S.Farm.Apt.19701205 199003 2 006Penata Tk I – III/dS1 APOTEKERApoteker Muda
7TASRI, A. Md.Keb19710221 199103 2 003Penata Tk I – III/dD3 KEBIDANANBida Penyelia
8RAMANG SUPRIADI, A.MK19700330 199403 1 003Penata TK I – III/dD3 KEPERAWATANPerawat Penyelia
9BAMBANG KUSNANTO, A.Md19690626 199703 1 002Penata TK I – III/dD3 KESLINGSanitarian Penyelia
10dr. RM. MARTANTO19710331 200604 1 013Penata Tk I – III/dS1 KEDOKTERAN UMUMDokter Ahli Muda
11drg. SONYA WARAPSARI19810622 200903 2 006Penata Tk I – III/dS1 KEDOKTERAN GIGIDokter Gigi Ahli Madya
12dr. WIDODO PAMUJI19760503 201001 1 010Penata Tk I – III/dS1 KEDOKTERAN UMUMDokter Ahli Muda
13SULASTRI,A.Md19660201 198703 2 007Penata – III/cD3 KESLINGStaf
14ARI HANDAYANI,A.Md.Keb19680914 198903 2 005Penata – III/cD3 KEBIDANANBidan Penyelia
15TITIK HARYANTI, S.Sos19640209 199110 2 001Penata – III/cS1 Administrasi NegaraStaf
16ASIH SUBEKTI, A.Md.19840131 200604 2 005Penata  – III/cD3 KEBIDANANBidan Penyelia
17ARLITA DIAN PRATIWI, SKM19851223 201001 2 011Penata  – III/cS1 KESEHATAN MASYARAKATEpidemiolog Kesehatan Ahli Muda
18WARSITI PRAPTI YUNI19650628 198903 2 006Penata Muda Tk I – III/bSMA/PEK KESStaf
19MARGONO BUDI SANTOSO19631016 198803 1 002Penata Muda Tk I – III/bSMA/PEK KESFungsional Umum
20SITI MAROAH19670121 199203 2 005Penata Muda Tk I – III/bSMAStaf
21USEP SOEROSO, S.ST19790911 200604 1 011Penata Muda Tk I – III/bD4 GIZIPelaksana Gizi
22ARI WARYANTI,A.Md.AK19800508 200312 2 005Penata Muda Tk I – III/bD3 ANALIS KESEHATANPranata Laboratorium Kesehatan Pelaksana Lanjutan
23ROWIYAH, S.Kep.,Ns.19850919 201001 2 015Penata Muda Tk I – III/bS1 KEPERAWATAN+NersPerawat Mahir
24NUR ALUSIA TAMHER, SKM19830723 201001 2 016Penata Muda Tk I – III/bS1 KESEHATAN MASYARAKATAdministrator Kesehatan  
25dr.SITI ARIFAH19900819 201903 2 011CPNS – III/bS1 KEDOKTERAN UMUMDokter Ahli Pertama
26ISMOWATI, A.Md.Keb19760104 200604 2 012Penata Muda – III/aD3 KEBIDANANBidan Mahir
27CINCIN ERIS SUPRIYATI, A.Md.Keb19750710 200604 2 027Penata Muda – III/aD3 KEBIDANANBidan Mahir
28ENDANG SUSILOWATI, A.Md.Keb19770305 200604 2 015Penata Muda – III/aD3 KEBIDANANBidan Pelaksana Lanjutan
29RINJANINGRUM, A.Md.Keb19760225 200604 2 010Penata Muda – III/aD3 KEBIDANANBidan Mahir
30ROSILA HAENI, A.Md.Keb19760425 200312 2 003Penata Muda – III/aD3 KEBIDANANBidan Pelaksana Lanjutan/Mahir
31RIANDESTYA JIWANDANI, A.Md.Keb19881216 201001 2 005Penata Muda – III/aD3 KEBIDANANBidan Mahir
32SUMARJO19690502 201406 1 001Pengatur TK I – II/dD3 EKONOMI PEMBANGUNANPelaksana
33DENOK TERTIHASTUTI, A.Md.Keb19780305 200701 2 014Pengatur TK I – II/dD3 KEBIDANANBidan Pelaksana
34ARIF SUYADI, A.MK.19810601 201406 1 006Pengatur TK I – II/dD3 KEPERAWATANPerawat
35AAN ISNAENI FITRIANTO19780305 200312 1 007Pengatur TK I – II/dSPKPerawat Pelaksana
36SUPRIYANTI19810128 200604 2 023Pengatur TK I – II/dSEKOLAH PERAWAT GIGIPerawat Gigi Pelaksana
37WAHYU SETIANINGSIH, A.Md.Keb19820811 201704 2 002Pengatur  – II/cD3 KEBIDANANBidan Terampil
38LINA RAHMAWATI, A.Md.Keb19850915 201704 2 005Pengatur  – II/cD3 KEBIDANANBidan Pelaksana
39IKA ISTIYANI, A.Md.Keb19841107 201704 2 003Pengatur  – II/cD3 KEBIDANANBidan Pelaksana
40TATIK SETYAWAN, A.Md.Keb19840504 201704 2 004Pengatur  – II/cD3 KEBIDANANBidan Terampil
41TRIAS HANDAYANI, A.Md.Keb19830502 201704 2 003Pengatur  – II/cD3 KEBIDANANBidan Terampil
42DITA RATRIANA, A.Md.Keb19860807 201704 2 005Pengatur  – II/cD3 KEBIDANANBidan Terampil
43DESY WAHYU NILASARI, A.Md.Keb19860313 201704 2 008Pengatur  – II/cD3 KEBIDANANBidan Terampil
44RAKHMAYANTO,A.Md.Kep.19800831 201406 1 003Pengatur – II/cD3 KEPERAWATANPerawat
45YUNI SUNARSIH, A,Md.Keb19730606 201905 2 001CPNS  – II/cD3 KEBIDANANBidan Terampil
46TEGUH YULIANTO19750307 201406 1 001Pengatur  Muda Tk I- II/bSPKPerawat
47UTAMI BUDIARTI19780411 201406 2 004Pengatur  Muda Tk I- II/bSPKPerawat
48SUTANTI INDRASETI81408108PTTSLTAPembantu Pelaksana Pelayanan Administrasi
49EDI YULIANTO81408110PTTSTMPembantu Pelaksana Pelayanan Administrasi
50DEDI PRIYANTO81408115PTTSMKPetugas Jaga Malam
51SLAMET UNTUNG81408117PTTSDPetugas Kebersihan
52IIN ANDRIYANI, A.Md.Kep THLD3 KEPERAWATANPerawat
53VITA FATIMAH, A.Md.Kep THLD3 KEPERAWATANPerawat
54EKA RETNAWATI, A.Md.Kep THLD3 KEPERAWATANPerawat
55RIZKI PRADITA ZAINI, A.Md.Kep THLD3 KEPERAWATANPerawat
56NENI FITRIANI, A.Md.Kep THLD3 KEPERAWATANPerawat
57KUKUH YEKTI PRIATIN, A.Md.Kep THLD3 KEPERAWATANPerawat
58EVINING ZULLICHAH, A.Md.Kep THLD3 KEPERAWATANPerawat
59AZHAR HANIF WIDADI, A.Md.Kep THLD3 KEPERAWATANPerawat
60KHAEFA BUDIARTI, A.Md.Keb THLD3 KEBIDANANBidan PKD Purbayasa
61AESI NILA AZANI, A.Md.Keb THLD3 KEBIDANANBidan
62ABYASTRINI WONINDA, A.Md.Keb THLD3 KEBIDANANBidan
63DWI MEGA PURNAMASARI, A.Md.Keb THLD3 KEBIDANANBidan
64RISTA FAJAR RAHAYU, A.Md.Ak THLD3 ANALIS KESEHATANPetugas Laborat
65ASIH KUSWANTARI, A.Md THLD3 KESLINGTenaga Promkes
66KURNIA ARGA PRADIPTA, S.Ak THLS1 AKUNTANSITenaga Akuntansi
67DANA FITRIANA, S.Ak THLS1 AKUNTANSIPengelola Keuangan
68AQIB QALYUBI THLSMAJaga Malam/ Pengemudi
69A’OT WIBOWO THLSMAJaga Malam/ Pengemudi
70TRI WALUYONO THLSMAJaga Malam/ Pengemudi
71SAHIDIN THLSMAPetugas Kebersihan
72SARWATI THLSDPetugas Kebersihan

BAB III

MANAJEMEN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DASAR

A. VISI

Menuju Kecamatan Padamara Sehat Tahun 2025.

B. Misi

  1. Meningkatkan kemitraan dan pemberdayaan masyarakat;
  2. Mewujudkan pelayanan kesehatan yang bermutu, merata, terjangkau dan berkeadilan;
  3. Memasyarakatkan perilaku hidup bersih dan sehat.

C. Struktur Organisasi

1. Tugas pokok UPTD Puskesmas Padamara adalah sebagai Unit Pelaksana Teknis Dinas yang mempunyai tugas melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya dalam rangka mendukung terwujudnya kecamatan sehat. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana tersebut diatas, Puskesmas menyelenggarakan fungsi :

a. Penyelenggaraan UKM tingkat pertama diwilayah kerjanya.

b. Penyelenggaraan UKP tingkat pertama diwilayah kerjanya.

2. Dalam menyelenggarakan fungsi penyelenggara UKM tingkat pertama di wilayah kerjanya, Puskesmas berwenang untuk :

a. Melaksanakan perencanaan berdasarkan analisis masalah kesehatan masyarakat dan analisa kebutuhan pelayanan yang diperlukan;

b. Melaksanakan advokasi dan sosialisasi kebijakan kesehatan;

c. Melaksanakan komunikasi, informasi, edukasi, dan pemberdayaan masyarakat dalam  bidang kesehatan;

d. Menggerakkan masyarakat untuk mengidentifikasi dan menyelesaiakan masalah kesehatan pada setiap tingkat perkembangan masyarakat yang bekerjasama dengan sektor lain terkait;

e. Melaksanakan pembinaan teknis terhadap jaringan pelayanan dan upaya kesehatan berbasis masyarakat;

f. Melaksanakan peningkatan kompetensi sumber daya manusia  puskesmas;

g. Memantau pelaksanaan pembangunan agar berwawasan kesehatan;

h. Melaksanakan pencatatan, pelaporan, dan evaluasi terhadap akses, mutu, dan cakupan pelayanan kesehatan; dan

i. Memberikan rekomendasi terkait masalah kesehatan masyarakat termasuk dukungan terhadap sistem kewaspadaan dini dan respon penanggulangan penyakit.

3. Dalam menyelenggarakan fungsi penyelenggara UKP tingkat pertama di wilayah kerjanya, Puskesmas berwenang untuk :

a. Menyelenggarakan pelayanan kesehatan dasar secara komprehensif, berkesinambungan dan bermutu;

b. Menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang mengutamakan upaya promotif dan preventif;

c. Menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang berorientasi pada kesehatan perorangan;

d. Menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang mengutamakan keamanan dan keselamatan pasien, petugas, dan pengunjung;

e. Menyelenggarakan pelayanan kesehatan dengan prinsip koordinatif dan kerjasama inter dan antarprofesi

f. Melaksanakan rekam medis;

g. Melaksanakan pencatatan, pelaporan, dan evaluasi terhadap mutu dan akses pelayanan kesehatan;

h. Melaksanakan peningkatan kompetensi tenaga kesehatan;

i. Mengkoordinasikan dan melaksanakan pembinaan fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama di wilayah kerjanya; dan

j. Melaksanakan penapisan rujukan sesuai dengan indikasi medis dan system rujukan.

4. Struktur Organisasi Puskesmas

Struktur Tim Peningkatan Mutu UPTD Puskesmas Padamara

D. MOTTO dan Tata Nilai

1. MOTTO

Kami Siap Untuk Melayani Anda.

2. Tata Nilai

Tata Nilai UPTD Puskesmas Padamara adalah CANTIK yaitu :

Cepat                           : Cepat dalam melaksanakan pelayanan

Aman                         : Menggunakan Alat Perlindungan Diri (APD) lengkap pada setiap tindakan

Nyaman                       : Memberikan rasa nyaman pada semua pelanggan

Tanggungjawab         : Bertanggungjawab terhadap semua tindakan

Informatif                    : Memberikan Informasi yang jelas

Komunikatif                : Menjalin komunikasi yang baik antar petugas, dan terhadap pelanggan

E. KEBIJAKAN MUTU

              Seluruh karyawan UPTD Puskesmas Padamara bertekad/ berjanji menjalankan sistem manajemen mutu secara konsisten dan konsekuen untuk mendukung pencapaian sasaran yang diharapkan, baik program maupun pelayanan Puskesmas.

F. PROSES PELAYANAN (PROSES BISNIS)

Puskesmas memiliki kegiatan bisnis utama yaitu:

Pelayanan Klinis atau UKP (Upaya Kesehatan Perorangan):

a. Dalam Gedung

  • Pendaftaran
  • Ruang Tindakan
  • Poli Umum
  • Poli Gigi
  • PROMKES dan Gizi
  • Poli KIA, MTBS, Imunisasi
  • Poli Penyakit Menular yaitu TB.
  • Apotek
  • Laboratorium
  • Pelayanan Rawat Inap

b. Luar Gedung

  • Posyandu Imunisasi
  • Posyandu Lansia
  • Posbindu PTM

2. Upaya kesehatan masyarakat (UKM)

a. Program Promosi Kesehatan

b.Program Kesehatan Lingkungan

c.Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (P2P)

d. Program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)

e. Program Gizi

f. Program Perawatan Kesehatan Masyarakat

g. Program Kesehatan Pengembangan ( Kesehatan Lansia )

h. PIS-PK

G. KEGIATAN MANAJEMEN PUSKESMAS

1.  Perencanaan.

Merupakan suatu proses penyusunan rencana tahunan Puskesmas untuk mengatasi masalah kesehatan yang dihadapi di wilayah UPTD Puskesmas  Padamara.

2.  Penggerakan dan Pelaksanaan.

Dilaksanakan melalui kegiatan Loka Karya Mini  ( Lintas Program dan Lintas Sektoral ) maupun rapat-rapat rutin Puskesmas. Loka Karya Mini Lintas Program diselenggarakan dalam rangka pengorganisasian meliputi pembagian tugas dan pembagian daerah binaan, sedangkan Loka Karya Mini Lintas Sektoral diselenggarakan dalam rangka mengkoordinasikan program-program kesehatan yang terkait untuk memperoleh dukungan lintas sektor dalam pelaksanaannya agar memperoleh hasil yang lebih baik.

3.  Pengawasan, Pengendalian dan Penilaian.

Dilaksanakan melalui kegiatan Penilaian Kinerja Puskesmas dengan ruang lingkup meliputi penilaian pencapaian hasil pelaksanaan pelayanan kesehatan, penilaian manajemen Puskesmas dan mutu pelayanan. Laporan Penilaian Penilaian Kinerja Puskesmas disusun pada bulan Januari tahun berikutnya.

H. PENILAIAN DAN HASIL PENILAIAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DASAR

Penilaian Mutu Pelayanan Kesehatan Dasar di Puskesmas Padamara Kabupaten Purbalingga dilaksanakan melalui kegiatan Penilaian Kinerja Puskesmas oleh Puskesmas Padamara sendiri dalam rangka mawas diri untuk mengukur keberhasilan kinerja sendiri. Kegiatan ini merupakan salah satu unsur manajemen puskesmas dimana laporannya disusun pada bulan Januari tahun berikutnya.

Hasil Penilaian Mutu Pelayanan Kesehatan Dasar di UPTD Puskesmas  Padamara adalah sebagai berikut :

Penilaian Kinerja Puskesmas Padamara

1.UPAYA ESENSIAL

INSTRUMEN PENILAIAN CAKUPAN PELAYANAN UPAYA KESEHATAN WAJIB
PUSKESMAS  : PADAMARA
TAHUN : 2018
No.JENIS KEGIATANSASARAN PENCAPAIAN CAKUPAN
(4,3 X
100%) 
TARGETKINERJA
(5,6 X
100%)
1234567
I.UPAYA KESEHATAN WAJIB     
A.UPAYA PROMOSI KESEHATAN     
 PROMOSI KESEHATAN DALAM GEDUNG     
1Cakupan Komunikasi Interpersonal dan Konseling (KIP/K)106606592,31
2Cakupan Penyuluhan kelompok oleh petugas di dalam gedung Puskesmas4548106,67100106,67
3Cakupan Institusi Kesehatan ber-PHBS1414100100100
 PROMOSI KESEHATAN LUAR GEDUNG     
4Cakupan Pengkajian dan Pembinaan PHBS di Tatanan Rumah Tangga13.65910.96380,2676105,61
5Cakupan Pemberdayaan Masyarakat melalui Penyuluhan Kelompok oleh Petugas di Masyarakat36529881,6410081,64
6Cakupan Pembinaan UKBM dilihat melalui persentase (%) Posyandu Purnama & Mandiri534483,0270118,6
7Cakupan Pembinaan Pemberdayaan Masyarakat dilihat melalui Persentase (%) Desa Siaga Aktif 1414100100100
8Cakupan Pemberdayaan Individu/ Keluarga melalui Kunjungan Rumah4.0003.90097,596101,56
CAKUPAN VARIABEL 1.A.   88,64 100,8
B.UPAYA KESEHATAN LINGKUNGAN     
1Cakupan Pengawasan Rumah Sehat13.82011.70684,782103,3
2Cakupan Pengawasan Sarana Air Bersih45.51944.65298,110098,1
3Cakupan Pengawasan Jamban45.51927.97361,458274,94
4Cakupan pengawasan SPAL 25014156,47080,57
5Cakupan Pengawasan Tempat-Tempat Umum (TTU)3030100100100
6Cakupan Pengawasan Tempat Pengolahan Makanan (TPM)1118374,778093,47
7Cakupan Pengawasan Industri21507566,67
8Cakupan Kegiatan Klinik Sanitasi106606592,31
CAKUPAN VARIABEL 1.B.   73,18 88,67
C.       
 KESEHATAN IBU     
1Cakupan Kunjungan Ibu Hamil K4  75269892,8297,994,81
2Cakupan Pertolongan Persalinan oleh Tenaga Kesehatan667667100100100
3Cakupan Komplikasi Kebidanan yang ditangani15013992,6710092,67
4Cakupan Pelayanan Nifas66766199,110099,1
 KESEHATAN ANAK     
5Cakupan Kunjungan Neonatus 1 (KN1)667667100100100
6Cakupan Kunjungan Neonatus Lengkap (KN Lengkap)66766399,4100100,6
7Cakupan Neonatus dengan Komplikasi yang ditangani100686810068
8Cakupan Kunjungan Bayi73170296,0310096,03
9Cakupan Pelayanan Anak Balita2.7411.92270,1210070,12
 KELUARGA BERENCANA     
10Cakupan Peserta KB Aktif8.3337.32587,98091,01
CAKUPAN VARIABEL 1.C.   90,6 91,23
D.UPAYA PERBAIKAN GIZI MASYARAKAT     
1Cakupan Keluarga Sadar Gizi300300100100100
2Cakupan Balita Ditimbang (D/S)3.3172.69381,285.0097,12
3Cakupan Distribusi Kapsul Vitamin A bagi Bayi (6-11 bulan)278278100100100
4Cakupan Distribusi Kapsul Vitamin A Bagi Anak Balita (12-59 bulan)2.6752.5959710097
5Cakupan Distribusi Kapsul Vitamin A bagi Ibu Nifas4848100100100
6Cakupan Distribusi Tablet Fe 90 tablet pada ibu hamil75269892,8210092,82
7Cakupan Distribusi MP- ASI Baduta Gakin735735100100100
8Cakupan balita gizi buruk mendapat perawatan66100100100
9Cakupan ASI Eksklusif329257788097,5
CAKUPAN VARIABEL 1.D.   94,34 98,27
E.UPAYA PENCEGAHAN & P2M     
 PELAYANAN IMUNISASI DASAR     
1Cakupan BCG69066996,9695102,06
2Cakupan DPTHB 1690727105,395110,84
3Cakupan DPTHB 3690722104,695110,11
4Cakupan Polio 4690703101,995107,26
5Cakupan Campak/MR690735106,595112,11
 PELAYANAN IMUNISASI LANJUTAN     
6Cakupan BIAS DT584584100100100
7Cakupan BIAS TT/Td718718100100100
8Cakupan BIAS Campak584584100100100
9Cakupan Pelayanan Imunisasi Ibu Hamil TT2+69958583,6980104,61
10Cakupan Desa/ Kelurahan Universal Child Immunization (UCI)1414100100100
11Cakupan Sistem Kewaspadaan Dini5252100100100
12Cakupan Surveilans Terpadu Penyakit5252100100100
13Cakupan Pengendalian KLB100
 PENEMUAN DAN PENANGANAN PENDERITA PENYAKIT     
14Cakupan Penderita Peneumonia Balita1656036,364580,81
15Cakupan Penemuan Pasien baru TB BTA Positif3363510,427014,88
16Cakupan Kesembuhan Pasien TB BTA Positif353188,5785104,2
17Cakupan Penderita DBD yang ditangani1111100100100
18Cakupan Penemuan Penderita Diare 1.2171.15694,9910094,99
CAKUPAN VARIABEL 1.E.   89,96 96,58
F.UPAYA PENGOBATAN     
1Kunjungan Rawat Jalan  61.34661.346100100100
2Kunjungan Rawat Jalan Gigi2.0762.076100100100
3Cakupan jumlah seluruh Pemeriksaan Laboratorium Puskesmas8.4548.454100100100
4Cakupan Jumlah Pemeriksaan Laboratorium yang dirujuk359359100100100
CAKUPAN VARIABEL 1.F.   100 100
CAKUPAN VARIABEL 1.   89,45 95,93

2. UPAYA PENGEMBANGAN

INSTRUMEN PENILAIAN CAKUPAN PELAYANAN UPAYA KESEHATAN PENGEMBANGAN
PUSKESMAS  : PADAMARA
TAHUN              : 2018
KABUPATEN  : PURBALINGGA
No.JENIS KEGIATANTARGET SASARANPENCAPAIANCAKUPAN
(4/3 X 100%)
TARGETKINERJA
(5/6 X 100%)
1234567
II.UPAYA KESEHATAN PENGEMBANGAN     
A.UPAYA KESEHATAN SEKOLAH     
1Cakupan Penjaringan Kesehatan Siswa SD dan setingkat4.0893.95696,75100,0096,75
CAKUPAN VARIABEL 2.A. 96,7596,75
B.UPAYA KESEHATAN OLAH RAGA
1Cakupan Pembinaan Kelompok Olahraga2020100,00100,00100,00
CAKUPAN VARIABEL 2.B.100,00100,00
C.UPAYA PERAWATAN KES. MASY.
1Cakupan Keluarga Dibina (Keluarga Rawan)4848100,00100,00100,00
2Cakupan Keluarga Rawan Selesai Dibina4848100,00100,00100,00
3Cakupan Keluarga Mandiri III
CAKUPAN VARIABEL 2.C.66,6766,67
D.UPAYA KESEHATAN KERJA
1Cakupan Pembinaan Pos UKK8112,50100,0012,50
2Cakupan Penanganan Penyakit Akibat Kerja (PAK) dan Panyakit Akibat Hubungan Kerja (AHK)190190100,00100,00100,00
CAKUPAN VARIABEL 2.D.56,2556,25
E.UPAYA KES. GIGI & MULUT
1Cakupan Pembinaan Kesehatan Gigi di Masyaakat14214,2950,0028,57
2Cakupan Pembinaan Kesehatan Gigi di TK1414100,00100,00100,00
3Cakupan Pembinaan Kesehatan Gigi dan Mulut di MI1414100,00100,00100,00
4Cakupan Pemeriksaan Kesehatan Gigi dan Mulut Siswa TK548548100,00100,00100,00
5Cakupan Pemeriksaan Kesehatan Gigi dan Mulut Siswa SD4.0894.089100,00100,00100,00
6Cakupan Penanganan Siswa TK yang Membutuhkan Perawatan Kesehatan Gigi54827450,0050,00100,00
7Cakupan Penanganan Siswa SD yang Membutuhkan Perawatan Kesehatan Gigi4.08997623,8750,0047,74
CAKUPAN VARIABEL 2.E.69,7482,33
F.UPAYA KESEHATAN JIWA
1Cakupan Deteksi Dini Gangguan Kesehatan Jiwa564885,71100,0085,71
2Cakupan Penanganan Pasien Terdeteksi Gangguan Kesehatan Jiwa564885,7190,0095,24
CAKUPAN VARIABEL 2.F.85,7190,48
G.UPAYA KESEHATAN INDRA
 KESEHATAN MATA
1Cakupan Skrining Kelainan/ gangguan refraksi pada anak sekolah5.3715.371100,0090,00111,11
2Cakupan Penanganan kasus kelaianan refraksi1004343,00100,0043,00
3Cakupan skrining katarak132132100,00100,00100,00
4Cakupan Penanganan Penyakit Katarak132132100,00100,00100,00
5Cakupan rujukan gangguan penglihatan pada kasus Diabetes Militus ke RS100,00
6Cakupan Kegiatan Penjaringan Penemuan Kasus Gangguan Pendengaran di SD/MI1616100,0090,00111,11
7Cakupan Kasus Gangguan Pendengaran di SD/MI yang ditangani1616100,00100,00100,00
CAKUPAN VARIABEL 2.G.77,5780,75
H.UPAYA KESEHATAN USIA LANJUT
1Cakupan Pelayanan Kesehatan Usia Lanjut6.0083.21753,5560,0089,24
2Cakupan Pembinaan Usia Lanjut pada Kelompok Usia lanjut1414100,00100,00100,00
3Cakupan posbindu1414100,00100,00100,00
4Cakupan anggota Prolanis156156100,00100,00100,00
CAKUPAN VARIABEL 2.H.76,7794,62
I.UPAYA KESEHATAN TRADISIONAL
1Cakupan Pembinaan Upaya Kesehatan Tradisional (Kestrad)100,00
2Cakupan Pengobat Tradisional Terdaftar/ berijin1100,00
3Cakupan Pembinaaan Kelompok Taman Obat Keluarga (TOGA)11100,00100,00100,00
CAKUPAN VARIABEL 2.I. 50,0050,00
CAKUPAN VARIABEL 2. 75,5079,76

HASIL

1.Kategori Nilai Cakupan Pelayanan

Kelompok I (baik) : tingkat pencapaian hasil>90%

Kelompok II (sedang) : tingkat pencapaian hasil = 81 – 90%

Kelompok III (kurang) : tingkat pencapaian hasil ≤ 80%

 NILAIBOBOTJUMLAH
CAKUPAN UPAYA KESEHATAN WAJIB95,93706714,78
CAKUPAN UPAYA KESEHATAN PENGEMBANGAN79,76302392,79
Cakupan Pelayanan91,08Kelompok I   (baik)

2. Kategori Nilai Manajemen

Kelompok I ( baik) : Nilai rata – rata  ≥ 8,5

Kelompok II (sedang) : Nilai rata – rata  5,5 – 8,4

Kelompok III (kurang) : Nilai rata – rata  < 5,5

Manajemen 6,77 Kelompok II (sedang)

3. Kategori Nilai Mutu Pelayanan

Kelompok I (baik) : Nilai rata – rata  ≥ 8,5

Kelompok II (sedang) : Nilai rata – rata  5,5 – 8,4

Kelompok III (kurang) : Nilai rata – rata  < 5,5

Mutu Pelayanan 7,93 Kelompok II (sedang)

4. HASIL AKHIR :

Kelompok I (baik) : tingkat pencapaian hasil > 90%

Kelompok II (sedang) : tingkat pencapaian hasil = 81 – 90%

Kelompok III (kurang) : tingkat pencapaian hasil ≤ 80%

 NILAI
CAKUPAN PELAYANAN91,08
MANAJEMEN84,95
MUTU PELAYANAN88,53

HASIL AKHIR : 88,19 Kelompok II (sedang)

BAB IV

PENUTUP

Untuk menjaga dan meningkatkan mutu serta kinerja pelayanan kesehatan dasar di Puskesmas perlu diupayakan :

1.    Pembinaan dan bimbingan teknis oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga secara berkesinambungan dalam upaya meningkatkan motivasi kerja petugas Puskesmas.

2.    Peran serta masyarakat perlu terus ditingkatkan melalui upaya-upaya promotif.

3.    Sumber daya kesehatan perlu terus ditingkatkan baik kualitas maupun kuantitas sesuai dengan kebutuhan.

       Kami sebagai team penyusun Profil Puskesmas Padamara ini menyadari masih banyak kekurangan. Kami mengharapkan kritikan dan saran yang sifatnya membangun dari berbagai pihak untuk kesempurnaan profil ini.

Demikian Profil Puskesmas Padamara ini kami susun, semoga dapat bermanfaat untuk  pengambilan keputusan dan kebijakan bidang kesehatan berdasar data dan fakta (evidence based decision making).