PROFIL PUSKESMAS
UPTD PUSKESMAS PADAMARA

PEMERINTAH KABUPATEN PURBALINGGA
DINAS KESEHATAN
UPTD PUSKESMAS PADAMARA
TAHUN 2019
DAFTAR ISI
Halaman Judul ……………………………………………………………………………………………… 1
Daftar Isi ………………………………………………………………………………………………………… 2
Kata Pengantar ……………………………………………………………………………………………… 3
BAB I PENDAHULUAN …………………………………………………………………………… 4
A. Latar Belakang ………………………………………………………………………………………… 4
B. Tujuan ……………………………………………………………………………………………………… 6
BAB II GAMBARAN UMUM PUSKESMAS PADAMARA…………………………… 7
- Keadaan Geografi ……………………………………………………………………………… 7
- Keadaan Demografi ………………………………………………………………………… 8
- Sumber Daya……………………………………………………………………………………… 11
A.Keadaan Sarana Prasarana……………………………………………………………………… 11
B.Sarana Transportasi………………………………………………………………………………… 14
C.Keadaan Sumber Daya…………………………………………………………………………… 17
D.Data Pegawai dan Pangkat Terakhir……………………………………………………… 18
BAB III MANAJEMEN MUTU DAN PELAYANAN KESEHATAN DASAR … 21
A. Visi Puskesmas Padamara ………………………………………………………………… 21
B. Misi Puskesmas Padamara…………………………………………………………………… 21
C. Struktur Organisasi ……………………………………………………………………………… 21
D.Motto dan Tata Nilai …………………………………………………………………………… 25
E. Kebijakan Mutu …………………………………………………………………………………… 25
F.Proses Pelayanan ( Proses Bisnis ) ……………………………………………………… 25
G. Kegiatan Manajemen Puskesmas ……………………………………………………… 26
H. Penilaian dan Hasil Penilaian Mutu Pelayanan Kesehatan Dasar…… 27
BAB IV PENUTUP…………………………………………………………………………………… 37
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami Panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan semesta alam, karena atas limpahan rahmat-Nya Buku Profil Puskesmas Padamara Tahun 2019 telah dapat disusun. Buku Profil Puskesmas berisi data / informasi yang menggambarkan situasi dan kondisi wilayah Puskesmas Padamara.
Profil Puskesmas Padamara juga dapat digunakan sebagai dasar penyusunan perencanaan pembangunan kesehatan kedepan, sehingga dalam mengalokasikan anggaran / kegiatan akan akurat dan tepat sasaran.
Data yang digunakan dalam proses penyusunan buku Profil Puskesmas ini bersumber dari berbagai dinas / instansi seperti: BPS, Profil Kesehatan Desa di wilayah padamara, para pemegang program di Puskesmas Padamara, Bendahara Puskesmas Padamara dan lainnya.
Selanjutnya kami mengharapkan saran dan kritik yang sifatnya membangun serta partisipasi dari semua pihak khususnya dalam upaya mendapatkan data / informasi yang akurat, tepat waktu dan sesuai dengan kebutuhan.
Akhirnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyusunan Profil Pukesmas Padamara Tahun 2019 kami ucapkan terimakasih.
Purbalingga, 2 September 2019
Kepala Puskesmas Padamara
Achirul Soebagjo, S.Kep.,Ns.
NIP.19710915 199403 1 006
BAB I
PENDAHULUAN
1. LATAR BELAKANG
Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan menyebutkan bahwa pembangunan sebagai salah satu upaya pembangunan Nasional diarahkan guna tercapainya kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk hidup sehat bagi setiap penduduk agar dapat mewujudkan derajat yang optimal. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan banyak faktor pendukung, diantaranya adalah tersediaanya data yang valid. Adanya data yang valid dapat dipergunakan oleh pengambil keputusan dalam menetapkan suatu kebijakan.
Data dan informasi yang berkualitas merupakan sumber daya yang sangat penting dan diperlukan keberadaannya dalam menentukan arah kebijakan dan strategi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan bidang kesehatan. Penyediaan data dan informasi yang lengkap dan akurat merupakan tanggungjawab bersama atau lintas program di semua jenjang administrasi , fasilitas dan lintas sektor terkait.
Pada era keterbukaan informasi serta didukung dengan kemajuan teknologi komunikasi, kebutuhan data dan informasi dari hari ke hari semakin meningkat. Masyarakat semakin peduli dengan situasi dan hasil pembangunan yang telah dilakukan oleh pemerintah terutama terhadap masalah-masalah yang berhubungan langsung dengan mereka, sebab menyangkut hajat hidup masyarakat luas. Kepedulian masyarakat akan informasi ini memberikan nilai positif bagi pembangunan itu sendiri. Untuk itu pengelola program harus bisa menyediakan dan memberikan data serta informasi yang dibutuhkan masyarakat yang dikemas secara baik, sederhana, dan informatif.
Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah yang mengatur pembagian kewenangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah mengandung konsekuensi bahwa masing-masing daerah harus memiliki Sistem Informasi sendiri, termasuk dukungan sistem informasinya. Profil adalah salah satu produk dari Sistem Informasi . Dasar hukum penyelengaraan sistem informasi antara lain :
- Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional;
- Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik;
- Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah;
- Peraturan Pemerintah Nomor 65 Tahun 2006 tentang Kewenangan Wajib Standar Pelayanan Minimal Bidang;
- Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2014 tentang Sistem Informasi ;
- Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat;
- Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 92 Tahun 2014 tentang Penyelengaraan Komunikasi Data Dalam Penyelengaraan Sistem Informasi Terintegrasi;
- Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang di Puskesmas/Kota.
Profil Puskesmas Padamara merupakan buku laporan statistik Puskesmas Padamara yang menggambarkan situasi dan kondisi masyarakat di Puskesmas Padamara. Disamping itu juga berisi data dan informasi yang menggambarkan derajat , sumber daya , upaya serta pencapaian indikator pembangunan yang mencakup Indikator Indonesia Sehat dan indikator kinerja Standar Pelayanan Minimal bidang Kesehatan . Selain itu Profil Puskesmas Padamara dapat digunakan sebagai alat untuk mengevaluasi hasil pembangunan dari tahun ke tahun dan sekaligus sebagai bahan evaluasi dalam upaya pencapaian Visi dan Misi pembangunan di Puskesmas Padamara yang baik adalah pembangunan yang berbasis data sehingga keputusan yang diambil bertujuan untuk mengatasi masalah yang ada sesuai data yang ditemukan.
Data dan informasi bidang diperoleh melalui penyelenggaraan sistem informasi , baik dari fasilitas , unit-unit lainnya, sektor terkait maupun dari hasil berbagai survei. Sistem Informasi diharapkan dapat menghasilkan data dan informasi yang dapat dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan di Puskesmas/kota, propinsi dan pusat
Dengan telah disusunnya Profil Puskesmas Padamara ini, maka profil ini dapat dijadikan acuan data dan informasi resmi. Karena dalam penyusunannya telah melibatkan berbagai pihak.
B. TUJUAN
Secara keseluruhan tujuan dari penyusunan Profil adalah:
- Diperolehnya data tentang kondisi umum wilayah Kecamatan Padamara, demografi, lingkungan, perilaku masyarakat, serta sosial ekonomi.
- Diperolehnya data dan gambaran tentang situasi wilayah dan hasil penilaian kinerja Puskesmas Padamara.
- Dapat dilakukan pengambilan keputusan dan kebijakan bidang berdasar data dan fakta (evidence based decision making).
BAB II
GAMBARAN UMUM
A. Keadaan Geografis
Wilayah Kerja Puskesmas Padamara termasuk wilayah Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga pada posisi: 101 35o – 109 35o bujur timur dan 7 10º – 7 11o lintang selatan.
Puskesmas Padamara memiliki ketinggian 35 meter sampai dengan 1.124 meter di atas permukaan air laut (DPAL), sedangkan keadaan iklimnya tidak terlalu berbeda dengan rata-rata keadaan iklim di Jawa Tengah. Rata-rata curah hujannya 4,837 mm per bulan atau 3,569 mm per tahun.
Batas-batas administratif Puskesmas Padamara adalah sebagai berikut:
- Sebelah Utara berbatasan dengan Wilayah Kecamatan Kutasari.
- Sebelah Timur berbatasan dengan Wilayah Kecamatan Purbalingga.
- Sebelah Barat berbatasan dengan Wilayah Kabupaten Banyumas.
- Sebelah Selatan berbatasan dengan Wilayah Kecamatan Kalimanah dan wilayah kerja Puskesmas Kalimanah.
Peta 1 Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Padamara

Luas wilayah kerja Puskesmas Padamara adalah 17,46 Km2 dan terdiri atas 13 desa dan 1 kelurahan
B. Keadaan Demografi
1. Pertumbuhan dan Kepadatan Penduduk.
Berdasarkan data dari Profil Desa, jumlah penduduk di Puskesmas Padamara tahun 2018 adalah 45.712 jiwa. Jumlah penduduk tertinggi adalah di wilayah Desa Bojanegara sebanyak 6.443 jiwa(14,09% dari total penduduk) dan terendah di wilayah Desa Karangpule sebanyak 1.480 jiwa (3,23 %).
Kepadatan penduduk Puskesmas Padamara sebesar 26 orang per kilometer persegi, dengan kepadatan penduduk tertinggi di Desa Bojanegara 56 orang per kilometer persegi dan kepadatan penduduk terendah di Desa Karangpule sebesar 15 orang per kilometer persegi.
Adapun jumlah rumah tangga di Puskesmas Padamara periode tahun 2018 adalah 13.610 dengan rata-rata anggota per rumah tangga 3,36 jiwa.
2. Jumlah Penduduk Menurut Jenis Kelamin dan Kelompok Umur
Perkembangan penduduk menurut jenis kelamin dapat dilihat dari perkembangan ratio jenis kelamin, yaitu perbandingan penduduk laki-laki dan perempuan. Berdasarkan data yang dari Profil Desa, jumlah penduduk laki-laki relatif seimbang bila dibandingkan dengan penduduk perempuan yaitu masing-masing sebesar 23.084 jiwa (50,49%) penduduk laki-laki dan 22.628 (49,5 %) penduduk perempuan, sehingga ratio jenis kelamin penduduk Puskesmas Padamara tahun 2018 adalah 102,02. Hal ini menggambarkan bahwa jumlah penduduk laki laki sedikit lebih besar dibandingkan jumlah penduduk perempuan. Data rinci jumlah penduduk menurut jenis kelamin dan kelompok umur serta proporsi penduduk Laki-laki dan Perempuan dapat dilihat pada tabel dan gambar berikut.
3. Struktur penduduk menurut golongan umur.
Berdasarkan tabel 2.1, struktur komposisi penduduk Padamara dirinci menurut golongan umur dan jenis kelamin menunjukkan bahwa penduduk laki-laki maupun penduduk perempuan proporsi terbesar berada pada kelompok umur 35-40 tahun.
Adapun perbandingan komposisi proporsional penduduk Puskesmas Padamara menurut usia produktif pada tahun 2018 sebagai berikut :

Gambar 2.2 : Kelompok Usia Produktif Puskesmas Padamara Tahun 2018
Dari gambar tersebut di atas dapat dilihat bahwa Angka Beban Tanggungan (dependency ratio) penduduk Puskesmas Padamara tahun 2018 sebesar 45 yang artinya setiap 100 penduduk usia produktif menanggung sekitar 45 orang penduduk usia tidak produktif.
4. Tingkat pendidikan penduduk umur 10 tahun ke atas.
Proporsi tingkat pendidikan penduduk umur 10 tahun ke atas sebagai berikut : persentase penduduk yang tidak/belum memiliki ijazah sekolah dasar sebesar 8,58%, persentase penduduk yang menamatkan pendidikan SD/MI sebesar 29,47%, persentase penduduk yang menamatkan pendidikan SMP/MTS sebesar 20,44%, persentase penduduk yang menamatkan pendidikan SMA/SMK/MA sebesar 10,55%, persentase penduduk yang menamatkan pendidikan Akademi/Diploma sebesar 1,57%, persentase penduduk yang menamatkan pendidikan Sarjana hingga Doktor sebesar 2.54%.
C. SUMBER DAYA
1. Keadaan Sarana Prasarana
a. UPTD Puskesmas Padamara memiliki fasilitas fisik berupa bangunan permanen (Terdiri dari Gedung Rawat Jalan dan Gedung Rawat Inap)
b.Loket Pendaftaran dan Kasir
c. Ruang Rekam Medik
d. Poli Umum
e. Poli KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) dan Poli KB (Keluarga Berencana)
f. Poli MTBS
g. Ruang Imunisasi
h. Poli Gigi
i. Klinik Sanitasi
j. Laboratorium
k. Apotek dan Gudang Obat
l. Ruang UGD
m. Ruang Kepala Puskesmas
n. Ruang PROMKES
o. Ruang Admen
p. Ruang UKM
x. Ruang UKP
r. Ruang Sterilisasi
s. Ruang Pojok ASI
t. Ruang TB
u. Ruang Arsip
v. Ruang Tunggu dan Ruang Tamu
x. Gudang
y. Dapur
x. Ruang Cuci Linen
2. Sarana Transportasi
Sarana transportasi yang dimiliki UPTD Puskesmas Padamara terdiri dari 2 unit kendaraan roda empat (Pusling) dan 2 unit kendaraan roda dua.
Sebagai dukungan terhadap pemerataan akses pelayanan kesehatan masyarakat baik puskesmas non rawat inap maupun puskesmas rawat inap dibantu oleh adanya puskesmas pembantu yang berjumlah 3 unit dan Polindes sebanyak 12 unit.
3. Keadaan Sumber Daya
Sumber daya manusia di UPTD Puskesmas Padamara terdiri atas:
Tabel 3 Ketenagaan
Kualifikasi | Jumlah Tenaga |
Kepala puskemas | 1 |
Kepala Sub Bag TU | 1 |
Dokter | 3 |
Dokter gigi | 1 |
Perawat | 15 |
Asisten Tenaga Kesehatan | 5 |
Bidan | 8 |
Bidan Desa | 14 |
Asisten Apoteker | 2 |
Tenaga Gizi | 1 |
Tenaga Kesling | 2 |
Tenaga Kesmas | 2 |
Ahli Teknologi Lab.Medik | 2 |
Tenaga Administrasi | 7 |
Pekarya | 2 |
Cleaning Service | 3 |
Penjaga Malam | 1 |
Sopir | 3 |
Jumlah | 72 |
4. Data Pegawai dan Pangkat Terakhir
Tabel 4 Data Pegawai dan Pangkat Terakhir UPTD Puskesmas Padamara
NO | N A M A | NIP/NRPTT | PANGKAT/ GOL. RUANG | PEND. | JABATAN |
1 | ACHIRUL SOEBAGJO, S.Kep.,Ns. | 19710915 199403 1 006 | Penata Tk.1 – III/d | S1 KEPERAWATAN+Ners | Kepala Puskesmas |
2 | FEBBY EKA DAMAYANTI,A.Md.Keb. | 19830204 200701 2 004 | Penata Muda TK I- III/b | D3 KEBIDANAN | Ka Sub Bag Tata Usaha |
3 | SISWANTI, A,Md.Kep. | 19671121 198703 2 001 | Penata Tk I – III/d | D3 KEPERAWATAN | Perawat Penyelia |
4 | SUDARTI, A.MK. | 19650512 198803 2 014 | Penata Tk I – III/d | D3 KEPERAWATAN | Perawat Penyelia |
5 | JAENAL ABIDIN, S.Kep.,Ns. | 19660511 198711 1 001 | Penata Tk I – III/d | S1 KEPERAWATAN+Ners | Perawat Penyelia |
6 | PATMIATUN, S.Farm.Apt. | 19701205 199003 2 006 | Penata Tk I – III/d | S1 APOTEKER | Apoteker Muda |
7 | TASRI, A. Md.Keb | 19710221 199103 2 003 | Penata Tk I – III/d | D3 KEBIDANAN | Bida Penyelia |
8 | RAMANG SUPRIADI, A.MK | 19700330 199403 1 003 | Penata TK I – III/d | D3 KEPERAWATAN | Perawat Penyelia |
9 | BAMBANG KUSNANTO, A.Md | 19690626 199703 1 002 | Penata TK I – III/d | D3 KESLING | Sanitarian Penyelia |
10 | dr. RM. MARTANTO | 19710331 200604 1 013 | Penata Tk I – III/d | S1 KEDOKTERAN UMUM | Dokter Ahli Muda |
11 | drg. SONYA WARAPSARI | 19810622 200903 2 006 | Penata Tk I – III/d | S1 KEDOKTERAN GIGI | Dokter Gigi Ahli Madya |
12 | dr. WIDODO PAMUJI | 19760503 201001 1 010 | Penata Tk I – III/d | S1 KEDOKTERAN UMUM | Dokter Ahli Muda |
13 | SULASTRI,A.Md | 19660201 198703 2 007 | Penata – III/c | D3 KESLING | Staf |
14 | ARI HANDAYANI,A.Md.Keb | 19680914 198903 2 005 | Penata – III/c | D3 KEBIDANAN | Bidan Penyelia |
15 | TITIK HARYANTI, S.Sos | 19640209 199110 2 001 | Penata – III/c | S1 Administrasi Negara | Staf |
16 | ASIH SUBEKTI, A.Md. | 19840131 200604 2 005 | Penata – III/c | D3 KEBIDANAN | Bidan Penyelia |
17 | ARLITA DIAN PRATIWI, SKM | 19851223 201001 2 011 | Penata – III/c | S1 KESEHATAN MASYARAKAT | Epidemiolog Kesehatan Ahli Muda |
18 | WARSITI PRAPTI YUNI | 19650628 198903 2 006 | Penata Muda Tk I – III/b | SMA/PEK KES | Staf |
19 | MARGONO BUDI SANTOSO | 19631016 198803 1 002 | Penata Muda Tk I – III/b | SMA/PEK KES | Fungsional Umum |
20 | SITI MAROAH | 19670121 199203 2 005 | Penata Muda Tk I – III/b | SMA | Staf |
21 | USEP SOEROSO, S.ST | 19790911 200604 1 011 | Penata Muda Tk I – III/b | D4 GIZI | Pelaksana Gizi |
22 | ARI WARYANTI,A.Md.AK | 19800508 200312 2 005 | Penata Muda Tk I – III/b | D3 ANALIS KESEHATAN | Pranata Laboratorium Kesehatan Pelaksana Lanjutan |
23 | ROWIYAH, S.Kep.,Ns. | 19850919 201001 2 015 | Penata Muda Tk I – III/b | S1 KEPERAWATAN+Ners | Perawat Mahir |
24 | NUR ALUSIA TAMHER, SKM | 19830723 201001 2 016 | Penata Muda Tk I – III/b | S1 KESEHATAN MASYARAKAT | Administrator Kesehatan |
25 | dr.SITI ARIFAH | 19900819 201903 2 011 | CPNS – III/b | S1 KEDOKTERAN UMUM | Dokter Ahli Pertama |
26 | ISMOWATI, A.Md.Keb | 19760104 200604 2 012 | Penata Muda – III/a | D3 KEBIDANAN | Bidan Mahir |
27 | CINCIN ERIS SUPRIYATI, A.Md.Keb | 19750710 200604 2 027 | Penata Muda – III/a | D3 KEBIDANAN | Bidan Mahir |
28 | ENDANG SUSILOWATI, A.Md.Keb | 19770305 200604 2 015 | Penata Muda – III/a | D3 KEBIDANAN | Bidan Pelaksana Lanjutan |
29 | RINJANINGRUM, A.Md.Keb | 19760225 200604 2 010 | Penata Muda – III/a | D3 KEBIDANAN | Bidan Mahir |
30 | ROSILA HAENI, A.Md.Keb | 19760425 200312 2 003 | Penata Muda – III/a | D3 KEBIDANAN | Bidan Pelaksana Lanjutan/Mahir |
31 | RIANDESTYA JIWANDANI, A.Md.Keb | 19881216 201001 2 005 | Penata Muda – III/a | D3 KEBIDANAN | Bidan Mahir |
32 | SUMARJO | 19690502 201406 1 001 | Pengatur TK I – II/d | D3 EKONOMI PEMBANGUNAN | Pelaksana |
33 | DENOK TERTIHASTUTI, A.Md.Keb | 19780305 200701 2 014 | Pengatur TK I – II/d | D3 KEBIDANAN | Bidan Pelaksana |
34 | ARIF SUYADI, A.MK. | 19810601 201406 1 006 | Pengatur TK I – II/d | D3 KEPERAWATAN | Perawat |
35 | AAN ISNAENI FITRIANTO | 19780305 200312 1 007 | Pengatur TK I – II/d | SPK | Perawat Pelaksana |
36 | SUPRIYANTI | 19810128 200604 2 023 | Pengatur TK I – II/d | SEKOLAH PERAWAT GIGI | Perawat Gigi Pelaksana |
37 | WAHYU SETIANINGSIH, A.Md.Keb | 19820811 201704 2 002 | Pengatur – II/c | D3 KEBIDANAN | Bidan Terampil |
38 | LINA RAHMAWATI, A.Md.Keb | 19850915 201704 2 005 | Pengatur – II/c | D3 KEBIDANAN | Bidan Pelaksana |
39 | IKA ISTIYANI, A.Md.Keb | 19841107 201704 2 003 | Pengatur – II/c | D3 KEBIDANAN | Bidan Pelaksana |
40 | TATIK SETYAWAN, A.Md.Keb | 19840504 201704 2 004 | Pengatur – II/c | D3 KEBIDANAN | Bidan Terampil |
41 | TRIAS HANDAYANI, A.Md.Keb | 19830502 201704 2 003 | Pengatur – II/c | D3 KEBIDANAN | Bidan Terampil |
42 | DITA RATRIANA, A.Md.Keb | 19860807 201704 2 005 | Pengatur – II/c | D3 KEBIDANAN | Bidan Terampil |
43 | DESY WAHYU NILASARI, A.Md.Keb | 19860313 201704 2 008 | Pengatur – II/c | D3 KEBIDANAN | Bidan Terampil |
44 | RAKHMAYANTO,A.Md.Kep. | 19800831 201406 1 003 | Pengatur – II/c | D3 KEPERAWATAN | Perawat |
45 | YUNI SUNARSIH, A,Md.Keb | 19730606 201905 2 001 | CPNS – II/c | D3 KEBIDANAN | Bidan Terampil |
46 | TEGUH YULIANTO | 19750307 201406 1 001 | Pengatur Muda Tk I- II/b | SPK | Perawat |
47 | UTAMI BUDIARTI | 19780411 201406 2 004 | Pengatur Muda Tk I- II/b | SPK | Perawat |
48 | SUTANTI INDRASETI | 81408108 | PTT | SLTA | Pembantu Pelaksana Pelayanan Administrasi |
49 | EDI YULIANTO | 81408110 | PTT | STM | Pembantu Pelaksana Pelayanan Administrasi |
50 | DEDI PRIYANTO | 81408115 | PTT | SMK | Petugas Jaga Malam |
51 | SLAMET UNTUNG | 81408117 | PTT | SD | Petugas Kebersihan |
52 | IIN ANDRIYANI, A.Md.Kep | THL | D3 KEPERAWATAN | Perawat | |
53 | VITA FATIMAH, A.Md.Kep | THL | D3 KEPERAWATAN | Perawat | |
54 | EKA RETNAWATI, A.Md.Kep | THL | D3 KEPERAWATAN | Perawat | |
55 | RIZKI PRADITA ZAINI, A.Md.Kep | THL | D3 KEPERAWATAN | Perawat | |
56 | NENI FITRIANI, A.Md.Kep | THL | D3 KEPERAWATAN | Perawat | |
57 | KUKUH YEKTI PRIATIN, A.Md.Kep | THL | D3 KEPERAWATAN | Perawat | |
58 | EVINING ZULLICHAH, A.Md.Kep | THL | D3 KEPERAWATAN | Perawat | |
59 | AZHAR HANIF WIDADI, A.Md.Kep | THL | D3 KEPERAWATAN | Perawat | |
60 | KHAEFA BUDIARTI, A.Md.Keb | THL | D3 KEBIDANAN | Bidan PKD Purbayasa | |
61 | AESI NILA AZANI, A.Md.Keb | THL | D3 KEBIDANAN | Bidan | |
62 | ABYASTRINI WONINDA, A.Md.Keb | THL | D3 KEBIDANAN | Bidan | |
63 | DWI MEGA PURNAMASARI, A.Md.Keb | THL | D3 KEBIDANAN | Bidan | |
64 | RISTA FAJAR RAHAYU, A.Md.Ak | THL | D3 ANALIS KESEHATAN | Petugas Laborat | |
65 | ASIH KUSWANTARI, A.Md | THL | D3 KESLING | Tenaga Promkes | |
66 | KURNIA ARGA PRADIPTA, S.Ak | THL | S1 AKUNTANSI | Tenaga Akuntansi | |
67 | DANA FITRIANA, S.Ak | THL | S1 AKUNTANSI | Pengelola Keuangan | |
68 | AQIB QALYUBI | THL | SMA | Jaga Malam/ Pengemudi | |
69 | A’OT WIBOWO | THL | SMA | Jaga Malam/ Pengemudi | |
70 | TRI WALUYONO | THL | SMA | Jaga Malam/ Pengemudi | |
71 | SAHIDIN | THL | SMA | Petugas Kebersihan | |
72 | SARWATI | THL | SD | Petugas Kebersihan |
BAB III
MANAJEMEN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DASAR
A. VISI
Menuju Kecamatan Padamara Sehat Tahun 2025.
B. Misi
- Meningkatkan kemitraan dan pemberdayaan masyarakat;
- Mewujudkan pelayanan kesehatan yang bermutu, merata, terjangkau dan berkeadilan;
- Memasyarakatkan perilaku hidup bersih dan sehat.
C. Struktur Organisasi
1. Tugas pokok UPTD Puskesmas Padamara adalah sebagai Unit Pelaksana Teknis Dinas yang mempunyai tugas melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya dalam rangka mendukung terwujudnya kecamatan sehat. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana tersebut diatas, Puskesmas menyelenggarakan fungsi :
a. Penyelenggaraan UKM tingkat pertama diwilayah kerjanya.
b. Penyelenggaraan UKP tingkat pertama diwilayah kerjanya.
2. Dalam menyelenggarakan fungsi penyelenggara UKM tingkat pertama di wilayah kerjanya, Puskesmas berwenang untuk :
a. Melaksanakan perencanaan berdasarkan analisis masalah kesehatan masyarakat dan analisa kebutuhan pelayanan yang diperlukan;
b. Melaksanakan advokasi dan sosialisasi kebijakan kesehatan;
c. Melaksanakan komunikasi, informasi, edukasi, dan pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan;
d. Menggerakkan masyarakat untuk mengidentifikasi dan menyelesaiakan masalah kesehatan pada setiap tingkat perkembangan masyarakat yang bekerjasama dengan sektor lain terkait;
e. Melaksanakan pembinaan teknis terhadap jaringan pelayanan dan upaya kesehatan berbasis masyarakat;
f. Melaksanakan peningkatan kompetensi sumber daya manusia puskesmas;
g. Memantau pelaksanaan pembangunan agar berwawasan kesehatan;
h. Melaksanakan pencatatan, pelaporan, dan evaluasi terhadap akses, mutu, dan cakupan pelayanan kesehatan; dan
i. Memberikan rekomendasi terkait masalah kesehatan masyarakat termasuk dukungan terhadap sistem kewaspadaan dini dan respon penanggulangan penyakit.
3. Dalam menyelenggarakan fungsi penyelenggara UKP tingkat pertama di wilayah kerjanya, Puskesmas berwenang untuk :
a. Menyelenggarakan pelayanan kesehatan dasar secara komprehensif, berkesinambungan dan bermutu;
b. Menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang mengutamakan upaya promotif dan preventif;
c. Menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang berorientasi pada kesehatan perorangan;
d. Menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang mengutamakan keamanan dan keselamatan pasien, petugas, dan pengunjung;
e. Menyelenggarakan pelayanan kesehatan dengan prinsip koordinatif dan kerjasama inter dan antarprofesi
f. Melaksanakan rekam medis;
g. Melaksanakan pencatatan, pelaporan, dan evaluasi terhadap mutu dan akses pelayanan kesehatan;
h. Melaksanakan peningkatan kompetensi tenaga kesehatan;
i. Mengkoordinasikan dan melaksanakan pembinaan fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama di wilayah kerjanya; dan
j. Melaksanakan penapisan rujukan sesuai dengan indikasi medis dan system rujukan.
4. Struktur Organisasi Puskesmas
Struktur Tim Peningkatan Mutu UPTD Puskesmas Padamara


D. MOTTO dan Tata Nilai
1. MOTTO
Kami Siap Untuk Melayani Anda.
2. Tata Nilai
Tata Nilai UPTD Puskesmas Padamara adalah CANTIK yaitu :
Cepat : Cepat dalam melaksanakan pelayanan
Aman : Menggunakan Alat Perlindungan Diri (APD) lengkap pada setiap tindakan
Nyaman : Memberikan rasa nyaman pada semua pelanggan
Tanggungjawab : Bertanggungjawab terhadap semua tindakan
Informatif : Memberikan Informasi yang jelas
Komunikatif : Menjalin komunikasi yang baik antar petugas, dan terhadap pelanggan
E. KEBIJAKAN MUTU
Seluruh karyawan UPTD Puskesmas Padamara bertekad/ berjanji menjalankan sistem manajemen mutu secara konsisten dan konsekuen untuk mendukung pencapaian sasaran yang diharapkan, baik program maupun pelayanan Puskesmas.
F. PROSES PELAYANAN (PROSES BISNIS)
Puskesmas memiliki kegiatan bisnis utama yaitu:
Pelayanan Klinis atau UKP (Upaya Kesehatan Perorangan):
a. Dalam Gedung
- Pendaftaran
- Ruang Tindakan
- Poli Umum
- Poli Gigi
- PROMKES dan Gizi
- Poli KIA, MTBS, Imunisasi
- Poli Penyakit Menular yaitu TB.
- Apotek
- Laboratorium
- Pelayanan Rawat Inap
b. Luar Gedung
- Posyandu Imunisasi
- Posyandu Lansia
- Posbindu PTM
2. Upaya kesehatan masyarakat (UKM)
a. Program Promosi Kesehatan
b.Program Kesehatan Lingkungan
c.Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (P2P)
d. Program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)
e. Program Gizi
f. Program Perawatan Kesehatan Masyarakat
g. Program Kesehatan Pengembangan ( Kesehatan Lansia )
h. PIS-PK
G. KEGIATAN MANAJEMEN PUSKESMAS
1. Perencanaan.
Merupakan suatu proses penyusunan rencana tahunan Puskesmas untuk mengatasi masalah kesehatan yang dihadapi di wilayah UPTD Puskesmas Padamara.
2. Penggerakan dan Pelaksanaan.
Dilaksanakan melalui kegiatan Loka Karya Mini ( Lintas Program dan Lintas Sektoral ) maupun rapat-rapat rutin Puskesmas. Loka Karya Mini Lintas Program diselenggarakan dalam rangka pengorganisasian meliputi pembagian tugas dan pembagian daerah binaan, sedangkan Loka Karya Mini Lintas Sektoral diselenggarakan dalam rangka mengkoordinasikan program-program kesehatan yang terkait untuk memperoleh dukungan lintas sektor dalam pelaksanaannya agar memperoleh hasil yang lebih baik.
3. Pengawasan, Pengendalian dan Penilaian.
Dilaksanakan melalui kegiatan Penilaian Kinerja Puskesmas dengan ruang lingkup meliputi penilaian pencapaian hasil pelaksanaan pelayanan kesehatan, penilaian manajemen Puskesmas dan mutu pelayanan. Laporan Penilaian Penilaian Kinerja Puskesmas disusun pada bulan Januari tahun berikutnya.
H. PENILAIAN DAN HASIL PENILAIAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DASAR
Penilaian Mutu Pelayanan Kesehatan Dasar di Puskesmas Padamara Kabupaten Purbalingga dilaksanakan melalui kegiatan Penilaian Kinerja Puskesmas oleh Puskesmas Padamara sendiri dalam rangka mawas diri untuk mengukur keberhasilan kinerja sendiri. Kegiatan ini merupakan salah satu unsur manajemen puskesmas dimana laporannya disusun pada bulan Januari tahun berikutnya.
Hasil Penilaian Mutu Pelayanan Kesehatan Dasar di UPTD Puskesmas Padamara adalah sebagai berikut :
Penilaian Kinerja Puskesmas Padamara
1.UPAYA ESENSIAL
INSTRUMEN PENILAIAN CAKUPAN PELAYANAN UPAYA KESEHATAN WAJIB |
PUSKESMAS : PADAMARA |
TAHUN : 2018 |
No. | JENIS KEGIATAN | SASARAN | PENCAPAIAN | CAKUPAN (4,3 X 100%) | TARGET | KINERJA (5,6 X 100%) |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
I. | UPAYA KESEHATAN WAJIB | |||||
A. | UPAYA PROMOSI KESEHATAN | |||||
PROMOSI KESEHATAN DALAM GEDUNG | ||||||
1 | Cakupan Komunikasi Interpersonal dan Konseling (KIP/K) | 10 | 6 | 60 | 65 | 92,31 |
2 | Cakupan Penyuluhan kelompok oleh petugas di dalam gedung Puskesmas | 45 | 48 | 106,67 | 100 | 106,67 |
3 | Cakupan Institusi Kesehatan ber-PHBS | 14 | 14 | 100 | 100 | 100 |
PROMOSI KESEHATAN LUAR GEDUNG | ||||||
4 | Cakupan Pengkajian dan Pembinaan PHBS di Tatanan Rumah Tangga | 13.659 | 10.963 | 80,26 | 76 | 105,61 |
5 | Cakupan Pemberdayaan Masyarakat melalui Penyuluhan Kelompok oleh Petugas di Masyarakat | 365 | 298 | 81,64 | 100 | 81,64 |
6 | Cakupan Pembinaan UKBM dilihat melalui persentase (%) Posyandu Purnama & Mandiri | 53 | 44 | 83,02 | 70 | 118,6 |
7 | Cakupan Pembinaan Pemberdayaan Masyarakat dilihat melalui Persentase (%) Desa Siaga Aktif | 14 | 14 | 100 | 100 | 100 |
8 | Cakupan Pemberdayaan Individu/ Keluarga melalui Kunjungan Rumah | 4.000 | 3.900 | 97,5 | 96 | 101,56 |
CAKUPAN VARIABEL 1.A. | 88,64 | 100,8 | ||||
B. | UPAYA KESEHATAN LINGKUNGAN | |||||
1 | Cakupan Pengawasan Rumah Sehat | 13.820 | 11.706 | 84,7 | 82 | 103,3 |
2 | Cakupan Pengawasan Sarana Air Bersih | 45.519 | 44.652 | 98,1 | 100 | 98,1 |
3 | Cakupan Pengawasan Jamban | 45.519 | 27.973 | 61,45 | 82 | 74,94 |
4 | Cakupan pengawasan SPAL | 250 | 141 | 56,4 | 70 | 80,57 |
5 | Cakupan Pengawasan Tempat-Tempat Umum (TTU) | 30 | 30 | 100 | 100 | 100 |
6 | Cakupan Pengawasan Tempat Pengolahan Makanan (TPM) | 111 | 83 | 74,77 | 80 | 93,47 |
7 | Cakupan Pengawasan Industri | 2 | 1 | 50 | 75 | 66,67 |
8 | Cakupan Kegiatan Klinik Sanitasi | 10 | 6 | 60 | 65 | 92,31 |
CAKUPAN VARIABEL 1.B. | 73,18 | 88,67 | ||||
C. | ||||||
KESEHATAN IBU | ||||||
1 | Cakupan Kunjungan Ibu Hamil K4 | 752 | 698 | 92,82 | 97,9 | 94,81 |
2 | Cakupan Pertolongan Persalinan oleh Tenaga Kesehatan | 667 | 667 | 100 | 100 | 100 |
3 | Cakupan Komplikasi Kebidanan yang ditangani | 150 | 139 | 92,67 | 100 | 92,67 |
4 | Cakupan Pelayanan Nifas | 667 | 661 | 99,1 | 100 | 99,1 |
KESEHATAN ANAK | ||||||
5 | Cakupan Kunjungan Neonatus 1 (KN1) | 667 | 667 | 100 | 100 | 100 |
6 | Cakupan Kunjungan Neonatus Lengkap (KN Lengkap) | 667 | 663 | 99,4 | 100 | 100,6 |
7 | Cakupan Neonatus dengan Komplikasi yang ditangani | 100 | 68 | 68 | 100 | 68 |
8 | Cakupan Kunjungan Bayi | 731 | 702 | 96,03 | 100 | 96,03 |
9 | Cakupan Pelayanan Anak Balita | 2.741 | 1.922 | 70,12 | 100 | 70,12 |
KELUARGA BERENCANA | ||||||
10 | Cakupan Peserta KB Aktif | 8.333 | 7.325 | 87,9 | 80 | 91,01 |
CAKUPAN VARIABEL 1.C. | 90,6 | 91,23 | ||||
D. | UPAYA PERBAIKAN GIZI MASYARAKAT | |||||
1 | Cakupan Keluarga Sadar Gizi | 300 | 300 | 100 | 100 | 100 |
2 | Cakupan Balita Ditimbang (D/S) | 3.317 | 2.693 | 81,2 | 85.00 | 97,12 |
3 | Cakupan Distribusi Kapsul Vitamin A bagi Bayi (6-11 bulan) | 278 | 278 | 100 | 100 | 100 |
4 | Cakupan Distribusi Kapsul Vitamin A Bagi Anak Balita (12-59 bulan) | 2.675 | 2.595 | 97 | 100 | 97 |
5 | Cakupan Distribusi Kapsul Vitamin A bagi Ibu Nifas | 48 | 48 | 100 | 100 | 100 |
6 | Cakupan Distribusi Tablet Fe 90 tablet pada ibu hamil | 752 | 698 | 92,82 | 100 | 92,82 |
7 | Cakupan Distribusi MP- ASI Baduta Gakin | 735 | 735 | 100 | 100 | 100 |
8 | Cakupan balita gizi buruk mendapat perawatan | 6 | 6 | 100 | 100 | 100 |
9 | Cakupan ASI Eksklusif | 329 | 257 | 78 | 80 | 97,5 |
CAKUPAN VARIABEL 1.D. | 94,34 | 98,27 | ||||
E. | UPAYA PENCEGAHAN & P2M | |||||
PELAYANAN IMUNISASI DASAR | ||||||
1 | Cakupan BCG | 690 | 669 | 96,96 | 95 | 102,06 |
2 | Cakupan DPTHB 1 | 690 | 727 | 105,3 | 95 | 110,84 |
3 | Cakupan DPTHB 3 | 690 | 722 | 104,6 | 95 | 110,11 |
4 | Cakupan Polio 4 | 690 | 703 | 101,9 | 95 | 107,26 |
5 | Cakupan Campak/MR | 690 | 735 | 106,5 | 95 | 112,11 |
PELAYANAN IMUNISASI LANJUTAN | ||||||
6 | Cakupan BIAS DT | 584 | 584 | 100 | 100 | 100 |
7 | Cakupan BIAS TT/Td | 718 | 718 | 100 | 100 | 100 |
8 | Cakupan BIAS Campak | 584 | 584 | 100 | 100 | 100 |
9 | Cakupan Pelayanan Imunisasi Ibu Hamil TT2+ | 699 | 585 | 83,69 | 80 | 104,61 |
10 | Cakupan Desa/ Kelurahan Universal Child Immunization (UCI) | 14 | 14 | 100 | 100 | 100 |
11 | Cakupan Sistem Kewaspadaan Dini | 52 | 52 | 100 | 100 | 100 |
12 | Cakupan Surveilans Terpadu Penyakit | 52 | 52 | 100 | 100 | 100 |
13 | Cakupan Pengendalian KLB | – | – | – | 100 | – |
PENEMUAN DAN PENANGANAN PENDERITA PENYAKIT | ||||||
14 | Cakupan Penderita Peneumonia Balita | 165 | 60 | 36,36 | 45 | 80,81 |
15 | Cakupan Penemuan Pasien baru TB BTA Positif | 336 | 35 | 10,42 | 70 | 14,88 |
16 | Cakupan Kesembuhan Pasien TB BTA Positif | 35 | 31 | 88,57 | 85 | 104,2 |
17 | Cakupan Penderita DBD yang ditangani | 11 | 11 | 100 | 100 | 100 |
18 | Cakupan Penemuan Penderita Diare | 1.217 | 1.156 | 94,99 | 100 | 94,99 |
CAKUPAN VARIABEL 1.E. | 89,96 | 96,58 | ||||
F. | UPAYA PENGOBATAN | |||||
1 | Kunjungan Rawat Jalan | 61.346 | 61.346 | 100 | 100 | 100 |
2 | Kunjungan Rawat Jalan Gigi | 2.076 | 2.076 | 100 | 100 | 100 |
3 | Cakupan jumlah seluruh Pemeriksaan Laboratorium Puskesmas | 8.454 | 8.454 | 100 | 100 | 100 |
4 | Cakupan Jumlah Pemeriksaan Laboratorium yang dirujuk | 359 | 359 | 100 | 100 | 100 |
CAKUPAN VARIABEL 1.F. | 100 | 100 | ||||
CAKUPAN VARIABEL 1. | 89,45 | 95,93 |
2. UPAYA PENGEMBANGAN
INSTRUMEN PENILAIAN CAKUPAN PELAYANAN UPAYA KESEHATAN PENGEMBANGAN |
PUSKESMAS : PADAMARA |
TAHUN : 2018 |
KABUPATEN : PURBALINGGA |
No. | JENIS KEGIATAN | TARGET SASARAN | PENCAPAIAN | CAKUPAN (4/3 X 100%) | TARGET | KINERJA (5/6 X 100%) |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
II. | UPAYA KESEHATAN PENGEMBANGAN | |||||
A. | UPAYA KESEHATAN SEKOLAH | |||||
1 | Cakupan Penjaringan Kesehatan Siswa SD dan setingkat | 4.089 | 3.956 | 96,75 | 100,00 | 96,75 |
CAKUPAN VARIABEL 2.A. | 96,75 | 96,75 | ||||
B. | UPAYA KESEHATAN OLAH RAGA | |||||
1 | Cakupan Pembinaan Kelompok Olahraga | 20 | 20 | 100,00 | 100,00 | 100,00 |
CAKUPAN VARIABEL 2.B. | 100,00 | 100,00 | ||||
C. | UPAYA PERAWATAN KES. MASY. | |||||
1 | Cakupan Keluarga Dibina (Keluarga Rawan) | 48 | 48 | 100,00 | 100,00 | 100,00 |
2 | Cakupan Keluarga Rawan Selesai Dibina | 48 | 48 | 100,00 | 100,00 | 100,00 |
3 | Cakupan Keluarga Mandiri III | – | – | – | – | – |
CAKUPAN VARIABEL 2.C. | 66,67 | 66,67 | ||||
D. | UPAYA KESEHATAN KERJA | |||||
1 | Cakupan Pembinaan Pos UKK | 8 | 1 | 12,50 | 100,00 | 12,50 |
2 | Cakupan Penanganan Penyakit Akibat Kerja (PAK) dan Panyakit Akibat Hubungan Kerja (AHK) | 190 | 190 | 100,00 | 100,00 | 100,00 |
CAKUPAN VARIABEL 2.D. | 56,25 | 56,25 | ||||
E. | UPAYA KES. GIGI & MULUT | |||||
1 | Cakupan Pembinaan Kesehatan Gigi di Masyaakat | 14 | 2 | 14,29 | 50,00 | 28,57 |
2 | Cakupan Pembinaan Kesehatan Gigi di TK | 14 | 14 | 100,00 | 100,00 | 100,00 |
3 | Cakupan Pembinaan Kesehatan Gigi dan Mulut di MI | 14 | 14 | 100,00 | 100,00 | 100,00 |
4 | Cakupan Pemeriksaan Kesehatan Gigi dan Mulut Siswa TK | 548 | 548 | 100,00 | 100,00 | 100,00 |
5 | Cakupan Pemeriksaan Kesehatan Gigi dan Mulut Siswa SD | 4.089 | 4.089 | 100,00 | 100,00 | 100,00 |
6 | Cakupan Penanganan Siswa TK yang Membutuhkan Perawatan Kesehatan Gigi | 548 | 274 | 50,00 | 50,00 | 100,00 |
7 | Cakupan Penanganan Siswa SD yang Membutuhkan Perawatan Kesehatan Gigi | 4.089 | 976 | 23,87 | 50,00 | 47,74 |
CAKUPAN VARIABEL 2.E. | 69,74 | 82,33 | ||||
F. | UPAYA KESEHATAN JIWA | |||||
1 | Cakupan Deteksi Dini Gangguan Kesehatan Jiwa | 56 | 48 | 85,71 | 100,00 | 85,71 |
2 | Cakupan Penanganan Pasien Terdeteksi Gangguan Kesehatan Jiwa | 56 | 48 | 85,71 | 90,00 | 95,24 |
CAKUPAN VARIABEL 2.F. | 85,71 | 90,48 | ||||
G. | UPAYA KESEHATAN INDRA | |||||
KESEHATAN MATA | ||||||
1 | Cakupan Skrining Kelainan/ gangguan refraksi pada anak sekolah | 5.371 | 5.371 | 100,00 | 90,00 | 111,11 |
2 | Cakupan Penanganan kasus kelaianan refraksi | 100 | 43 | 43,00 | 100,00 | 43,00 |
3 | Cakupan skrining katarak | 132 | 132 | 100,00 | 100,00 | 100,00 |
4 | Cakupan Penanganan Penyakit Katarak | 132 | 132 | 100,00 | 100,00 | 100,00 |
5 | Cakupan rujukan gangguan penglihatan pada kasus Diabetes Militus ke RS | – | – | – | 100,00 | – |
6 | Cakupan Kegiatan Penjaringan Penemuan Kasus Gangguan Pendengaran di SD/MI | 16 | 16 | 100,00 | 90,00 | 111,11 |
7 | Cakupan Kasus Gangguan Pendengaran di SD/MI yang ditangani | 16 | 16 | 100,00 | 100,00 | 100,00 |
CAKUPAN VARIABEL 2.G. | 77,57 | 80,75 | ||||
H. | UPAYA KESEHATAN USIA LANJUT | |||||
1 | Cakupan Pelayanan Kesehatan Usia Lanjut | 6.008 | 3.217 | 53,55 | 60,00 | 89,24 |
2 | Cakupan Pembinaan Usia Lanjut pada Kelompok Usia lanjut | 14 | 14 | 100,00 | 100,00 | 100,00 |
3 | Cakupan posbindu | 14 | 14 | 100,00 | 100,00 | 100,00 |
4 | Cakupan anggota Prolanis | 156 | 156 | 100,00 | 100,00 | 100,00 |
CAKUPAN VARIABEL 2.H. | 76,77 | 94,62 | ||||
I. | UPAYA KESEHATAN TRADISIONAL | |||||
1 | Cakupan Pembinaan Upaya Kesehatan Tradisional (Kestrad) | – | – | – | 100,00 | – |
2 | Cakupan Pengobat Tradisional Terdaftar/ berijin | 1 | – | – | 100,00 | – |
3 | Cakupan Pembinaaan Kelompok Taman Obat Keluarga (TOGA) | 1 | 1 | 100,00 | 100,00 | 100,00 |
CAKUPAN VARIABEL 2.I. | 50,00 | 50,00 | ||||
CAKUPAN VARIABEL 2. | 75,50 | 79,76 |
HASIL
1.Kategori Nilai Cakupan Pelayanan
Kelompok I (baik) : tingkat pencapaian hasil>90%
Kelompok II (sedang) : tingkat pencapaian hasil = 81 – 90%
Kelompok III (kurang) : tingkat pencapaian hasil ≤ 80%
NILAI | BOBOT | JUMLAH | |
CAKUPAN UPAYA KESEHATAN WAJIB | 95,93 | 70 | 6714,78 |
CAKUPAN UPAYA KESEHATAN PENGEMBANGAN | 79,76 | 30 | 2392,79 |
Cakupan Pelayanan | 91,08 | Kelompok I (baik) |
2. Kategori Nilai Manajemen
Kelompok I ( baik) : Nilai rata – rata ≥ 8,5
Kelompok II (sedang) : Nilai rata – rata 5,5 – 8,4
Kelompok III (kurang) : Nilai rata – rata < 5,5
Manajemen 6,77 Kelompok II (sedang)
3. Kategori Nilai Mutu Pelayanan
Kelompok I (baik) : Nilai rata – rata ≥ 8,5
Kelompok II (sedang) : Nilai rata – rata 5,5 – 8,4
Kelompok III (kurang) : Nilai rata – rata < 5,5
Mutu Pelayanan 7,93 Kelompok II (sedang)
4. HASIL AKHIR :
Kelompok I (baik) : tingkat pencapaian hasil > 90%
Kelompok II (sedang) : tingkat pencapaian hasil = 81 – 90%
Kelompok III (kurang) : tingkat pencapaian hasil ≤ 80%
NILAI | |
CAKUPAN PELAYANAN | 91,08 |
MANAJEMEN | 84,95 |
MUTU PELAYANAN | 88,53 |
HASIL AKHIR : 88,19 Kelompok II (sedang)
BAB IV
PENUTUP
Untuk menjaga dan meningkatkan mutu serta kinerja pelayanan kesehatan dasar di Puskesmas perlu diupayakan :
1. Pembinaan dan bimbingan teknis oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga secara berkesinambungan dalam upaya meningkatkan motivasi kerja petugas Puskesmas.
2. Peran serta masyarakat perlu terus ditingkatkan melalui upaya-upaya promotif.
3. Sumber daya kesehatan perlu terus ditingkatkan baik kualitas maupun kuantitas sesuai dengan kebutuhan.
Kami sebagai team penyusun Profil Puskesmas Padamara ini menyadari masih banyak kekurangan. Kami mengharapkan kritikan dan saran yang sifatnya membangun dari berbagai pihak untuk kesempurnaan profil ini.
Demikian Profil Puskesmas Padamara ini kami susun, semoga dapat bermanfaat untuk pengambilan keputusan dan kebijakan bidang kesehatan berdasar data dan fakta (evidence based decision making).